Sabtu, 07 September 2013

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang sepele. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan  segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out DO. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin haru mulai dipertimbangkan. Cara yang baik untuk memilih jurusan di Perguruan Tinggi:
1. Menyesuaikan Cita-cita, Minat dan Bakat
    Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yag diinginkan tersebut. Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat, misalnya jika tidak menyuki menggambar jangan mengambil jurusan seni rupa. Kemudian lihat bakat Anda saat ini. Mengembangakan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.
2. Informasi yang Sempurna
    Cari dan gali informasi dari banyak sumber, seperti orang tua, saudara, guru, teman , bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, internet dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau hanya ikut-ikutan teman.
Semuqa informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.
3. Lokasi dan Biaya
    Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.
Juka dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan yang tidak terlalu tinggi. Jika dan yang ada nanti belum mencukupi,m maka carilah beasiswa untuk mencukupi kebutuhan dana Anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan Anda.
4. Daya Tampung Jurusan/ Peluang Diterima
    Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memilik kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri Anda dengnan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian tryout sebagai percobaan Anda dalam mengukur kemampuan yang Anda miliki.
5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan
    Lihatlah ke depan setalah Anda lulus nanti. Apakah jurusan yang Anda ambil nanti dapat mengantar Anda untuk mendapatkan ypekerjaan yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya tidak bekerja.
Biarkan hati dan akal sehat Anda bicara.Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan Anda. Selamat Berjuang.

0 komentar :

Posting Komentar