Rabu, 18 September 2013

    Aplikasi perkantoran atau yang biasa disebut dengan istilah Office Suite sudah menjadi aplikasi wajib untuk semua bidang pekerjaan. Pekerjaan akan menjadi lebih mudah, cepat, rapi, dan akurat karena pada umumnya semua Office Suite telah menyediakan berbagai macam aplikasi untu7k segala kebutuhan pekerjaan secara terstruktur.
    OpenOffice.org hadir dalam persaingan produk OfficeSuite yang dapat diperoleh secara gratis. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sun Microsystem, dapat di-download dan digunakan tanpa ada biaya lisensi. OpenOffice.org 3 dirilis di bawah lisensi LGPL. Aplikasi ini cocok digunakan untuk segala keperluan domestik, komersial, pendidikan, dan administrasi publik karena dapat di-install pada lebih dari satu komputer (sebanyak yang diinginkan). OpenOffice.org dibuat sebagai kesatuan perangkat lunak, bukan berasal dari gabungan beberapa paket perangka lunak. Hal ini membuatnya sangat konsisten dan mudah untuk digunakan. OpenOffice.org dapat digunakan pada semua platform komputasi utama seperti Microsoft Windows, Linux, Sun Solaris, dan Apple Mac.
Komponen OpenOffice.org
    OpenOffice.org terdiri dari beberapa aplikasi yaitu :
1. OpenOffice.org Writer, berfungsi sebagai pengolah kata atau wordprocessor, seperti halnya Microsoft Word pada paket Microsoft Office.
2. OpenOffice.org Calc, berfungsi sebagai pengolah angka atau spreadsheet, seperti halnya Microsoft Excel pada paket Microsoft Office.
3. OpenOffice.org Impress, berfungsi untuk membuat presentasi, seperti halnya Microsoft PowerPoint pada paket Microsoft Office.
4. OpenOffice.org Draw, berfungsi sebagai media untuk membuat dan meng-edit file dalam bentuk gambar.
5. OpenOffice.org Math, berfungsi untuk membuat formula atau rumus-rumus matematika, seperti halnya Equation Editor pada paket Microsoft Office.
6. OpenOffice.org Base, berfungsi untuk membuat dan mengolah database, seperti halnya Microsoft Access pada paket Microsoft Office.
    Salah  satu keunggulan OpenOffice.org adalah format file-nya dapat di-export menjadi format file PDF, HTML, XHTML, dan sebagainya.

0 komentar :

Posting Komentar